(0362) 21746
camatsawan50@gmail.com
Kecamatan Sawan

Penataan Taman Hatinya PKK

Admin sawan | 23 Juni 2022 | 1282 kali

Pagi ini Kamis,23 Juni 2022 Pemerintah Kantor Camat Sawan melaksanakan penataan taman Hatinya PKK, Program Hatinya PKK adalah singkatan dari halaman Asri, Teratur, Indah dan Nyaman. Hatinya PKK merupakan suatu gerakan masyarakat untuk memanfaatkan halaman di sekitar rumah. Dengan memanfaatkan pekarangan/halaman rumah dengan tanaman produktif atau tanaman hias diharapkan dapat memberikan nilai untuk keindahan dan kenyamanan rumah serta jika ada produk lebih akan bisa bernilai ekonomis dan meningkatkan ekonomi keluarga.
Tanaman yang bisa ditanam di pekarangan rumah dan bermanfaat antara lain tanaman obat, sayur mayor, tanaman bumbu dapur, dan tanaman yang bunganya dipakai banten (di Bali). Tanaman obat keluarga atau yang biasa dikenal dengan Toga pada dasarnya adalah upaya untuk mengatasi masalah kesehatan ringan secara mandiri oleh individu dalam keluarga, kelompok atau masyarakat. Contoh tanaman obat antara lain kunyit, kencur, lidah buaya, kumis kucing, daun kemangi, daun dewa.
Contoh tanaman bumbu dapur antara lain cabai, jahe, lengkuas, kunyit, jahe, dan tanaman bumbu lainnya. Dan tanaman yang bunganya bisa dipakai banten, yang bisa ditaman di pekarangan rumah antara lain bougenville, bunga pacar, dan bunga gumitir.
Pengelompokan tanaman sesuai dengan pemanfaatannya, akan meningkatkan nilai keteraturan dalam penataan tanaman sehingga sesuai dengan program HATINYA. Untuk menambah nilai keasrian,keindahan dan dan kenyamanan, penataan pekarangan rumah bisa dikombinasikan dengan bermacam tanaman hias sesuai dengan selera pemilik rumah masing-masing.