(0362) 21746
camatsawan50@gmail.com
Kecamatan Sawan

AIR TERJUN SEKUMPUL

Admin sawan | 22 Agustus 2013 | 1119 kali

100 m dan terdiri beberapa air terjun setidaknya ada tujuh air terjun yang letaknya terpisah-pisah dan berjauhan.
Dari tujuh air terjun yang ada hanya dua air terjun yang bisa didatangi lebih dekat.  Uniknya, dua air terjun yang letaknya berdampingan tersebut memiliki ketinggian dan debit air berbeda.  Juga dua air terjun ini berasal dari dua sumber mata air yang berbeda, dimana air terjun di sebelah kiri bersumber dari mata air sedangkan air terjun di sebelah kanan (yang lebih tinggi) bersumber dari sungai. Di musim hujan, air terjun di sebelah kiri tetap bening karena bersumber dari mata air sedangkan air terjun di sebelah kanan akan berwarna coklat keruh.
Lokasi
Terletak di Desa Sekumpul, Kecamatan Sawan, Kabupaten Buleleng, Propinsi Bali.
Peta dan Koordinat GPS: 8° 7' 58.48" S  115° 10' 21.72" E
  Aksesbilitas
Berjarak sekitar 76 km dari Denpasar atau 20 km dari kota Singaraja (1 jam waktu tempuh).  Jika dari kota Denpasar arahkan kendaraan menuju Bedegul atau Singaraja.  Setelah melewati Kawasan Wisata Bedugul, teruskan perjalanan menuju arah Gitgit/Singaraja sampai di sebuah pertigaan (sekitar 10 km dari Bedugul).  Dari pertigaan, beloklah ke kiri dan ikuti jalan tersebut sampai sejauh 12 km. Kondisi jalan menuju air terjun ini berkelok-kelok naik turun dengan pemandangan bukit dan jurang di kanan kiri jalan.  Aspal jalan sudah banyak yang terkelupas. Bahkan, di beberapa tempat aspal sudah hilang sama sekali sehingga jalan berubah menjadi jalan tanah berbatu. Di sepanjang jalan menuju air terjun ini akan dijumpai banyak pertigaan yang tidak ada rambu-rambunya sehingga harus banyak bertanya ke penduduk setempat agar tidak nyasar.
Keberadaan Air Terjun Sekumpul tidak begitu jauh dari Air Terjun Lemukih, kira-kira hanya berjarak 2 km.  Dari Air Terjun Lemukih tinggal berjalan lurus sejauh 1 km. Pintu masuk air terjun ini ada di sebelah kiri jalan (dari Air Terjun Lemukih tinggal berjalan lurus sejauh 1 km) berupa jalan kecil atau setapak (ada petunjuk plang di sebelah kanan jalan) di sebuah pertigaan.  Ikuti jalan kecil tersebut sejauh kira-kira 1 km hingga tiba di tempat parkir.  Kondisi jalan kecil tersebut adalah jalan kampung yang berbelok-belok naik turun.
Dari tempat parkir menuju air terjun dilanjutkan dengan berjalan kaki menyusuri jalan yang sudah di-paving, menuruni ratusan anak tangga, dan menyeberangi sungai. Kondisi jalan paving banyak yang menurun dengan curam dan di beberapa tempat sangat licin karena berlumut.  Selanjutnya setelah jalan paving
habis, jalan berganti menjadi jalan tanah yang sempit (jalan setapak) hingga tiba di lokasi air terjun.  Bila ingin mendekati ke dasar air terjun harus menuruni ratusan anak tangga yang cukup curam di beberapa tempat dan menyebrangi sungai yang lumayan dalam (sepaha orang dewasa)
Tiket dan Parkir
Harga tiket adalah Rp 2000 per orang (untuk turis asing Rp 5000).
Fasilitas dan Akomodasi
Untuk menjangkau dasar air terjun ini sudah dibuatkan jalan setapak yang dibeton. Tesedia juga beberapa gazebo untuk beristirahat.  Sayangnya tidak ada bangunan toilet atau kamar mandi di sana.

 

By:OM