(0362) 21746
camatsawan50@gmail.com
Kecamatan Sawan

Air terjun Lemukih

Admin sawan | 22 Agustus 2013 | 1250 kali

Air Terjun Lemukih - Buleleng

Air Terjun Lemukih sangat unik karena terdiri dari tiga buah air terjun.  Air terjun yang terletak paling kanan adalah yang paling tinggi, dengan ketinggian sekitar 4 meter. Air terjun yang paling tinggi ini, ditemani dua air terjun kecil di samping kirinya.  Di bawah air terjun yang paling tinggi, terdapat sebuah kolam yang cukup luas sehingga bisa digunakan untuk berenang.
Air Terjun Lemukih masih benar-benar alami dan keberadaannya belum banyak diketahui wisatawan. 

Lokasi
Terletak di Desa Lemukih, Kecamatan Sawan, Kabupaten Buleleng, Propinsi Bali.
Peta dan Koordinat GPS: 8° 10' 51.69" S  115° 11' 24.53" E 
Aksesbilitas
Berjarak sekitar 72 km dari Denpasar.  Dari kota Denpasar arahkan kenaraan menuju Bedegul atau Singaraja.  Setelah melewati Kawasan Wisata Bedugul, teruskan perjalanan menuju arah Gitgit/Singaraja sampai di sebuah pertigaan (sekitar 10 km dari Bedugul).  Dari pertigaan, beloklah ke kiri dan ikuti jalan tersebut sampai sejauh 12 km. Kondisi jalan menuju air terjun ini berkelok-kelok naik turun dengan pemandangan bukit dan jurang di kanan kiri jalan. Aspal jalan sudah banyak yang terkelupas. Bahkan, di beberapa tempat aspal sudah hilang sama sekali sehingga jalan berubah menjadi jalan tanah berbatu. Di sepanjang jalan menuju air terjun ini akan dijumpai banyak pertigaan yang tidak ada rambu-rambunya sehingga harus banyak bertanya ke penduduk setempat agar tidak nyasar.
Setelah sampai di desa Lemukih akan dijumpai sebuah tikungan dengan jembatan kecil di depannya dan ada tulisan Desa lemukih, perjalanan dilanjutkan dengan berjalan kaki menyusuri jalan setapak sejauh 200 m.  Letak air terjun ini tidak jauh dari jalan Desa Lemukih.  Selanjutnya untuk menuju dasar air terjun ini cukup mudah dan tidak perlu bersusah payah naik turun tangga untuk menuju air terjun ini.
Fasilitas dan Akomodasi
Ketiadaan rambu-rambu ataupun penunjuk arah menuju air terjun ini cukup merepotkan sehingga harus bertanya kepada penduduk setempat untuk menemukan air terjun ini.

By:OM