(0362) 21746
camatsawan50@gmail.com
Kecamatan Sawan

Pura Agung Menasa

Admin sawan | 08 Agustus 2023 | 97 kali

Pura Agung Menasa di Banjar Menasa, Desa Sinabun, Kecamatan Sawan, Buleleng termasuk salah satu pura tua warisan abad ke-9. Pura yang diempon tiga desa adat ini kini sedang direnovasi, denga tetap memperatahkan bentuk aslinya sejak abad ke-9.

Tiga desa adat yang ngempon Pura Agung Menasa ini tersebar di dua kecamawan wilayah Buleleng. Rinciannya, Desa Adat Sinabun (Desa Sinabun, Kecamatan Sawan), Desa Adat Suwug (Desa Suwug, Kecamatan Sawan), dan Desa Adat Bengkala (Desa Bengkala, Kecamatan Kubutambahan).

Perbaikan pura pertama tahun 1922-1923 diperkirakan dilakukan oleh penjajah Belanda, karena huruf yang dipahat menggunakan huruf Latin dan ejaan lama. Kuat diduga ada unsur politis Belanda di bagian atas paduraksa. Pasalnya, ujung atas bangunan terlihat jelas memiliki puncak berbentuk mahkota raja.

Ukiran khas Bali Utara yang indah terlihat sejak memasuki areal nista mandala hingga utama mandala. Paduraksa atau gelung kori yang berbahan batu paras dan telah tertutupi lumut kian menegaskan jika pura ini sangat berumur.